Atasi Jerawatmu






Wajahmu penuh jerawat? Tidak pede? Atasi masalah wajahmu secara alami. Jerawat muncul karena pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Biasanya jerawat menyerang daerah wajah, tetapi juga bisa menyerang anggota tubuh lainnya seperti leher, dada, lengan, ketiak bahkan hingga pada bagian pinggang.

Seorang peneliti masalah jerawat bernama Klingman menyatakan bahwa seorang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa jerawat. Apa benar ya? Hehe… saya sendiri juga belum pernah menanyai orang sedunia satu per satu apakah mereka pernah berjerawat.

Munculnya jerawat disebabkan oleh produksi minyak berlebihan sehingga menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Jika kelenjar minyak yang berlebih bercampur dengan sel kulit mati, maka akan membentuk penyumbat pada pori-pori wajah yang menjadi bintik hitam atau putih.

Ditambah lagi kolaborasi kadar minyak dengan bakteri (p.acne), kemudian berkembang biak didalam kelenjar sebaceous yang tersumbat dan menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya lalu kemudian pecah dan meradang, lalu menyebarkan radang ke bagian kulit di sekitarnya.

Jika di wajahmu ada jerawat, jangan coba-coba menggaruk, memencet atau membiarkannya kering secara alami dan mengeluarkan isinya setelah kering. Itu tidak baik.

Bersihkan wajah sekurang-kurangnya dua kali sehari dengan sabun khusus pembersih wajah dan air hangat. Menjaga kebersihan kullit wajah dapat menghindarkan dari bakteri penyebab jerawat. Perbanyak minum air putih agar kulit lebih elastis  dan tentunya aga proses metabolisme melalui kulit (keringat) lebih baik.

Perbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran seperti bayam, daun bawang, wortel, daun melinjo, serta buah-buahan seperti pisang, tomat, jeruk, nanas, mentimun dsb. Sebaliknya kurangi konsumsi makanan berlemak, termasuk gorengan dan minuman beralkohol.

Buah pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk meluruhkan sel-sel kulit mati. Gunakan pepaya yang sudah dilembutkan sebagai masker dan biarkan selama lima belas menit.

Mentimun dan pepaya dapat menghilangkan dan mencegah munculnya jerawat. Mentimun mengandung astringent yang dapat dijadikan tonik wajah untuk kulit berminyak. Caranya bisa diparut dan disaring, oleskan cairannya ke seluruh wajah dengan menggunakan kapas bersih. Lakukan setiap menjelang tidur.
Satu lagi, hindari menyentuh jerawat seperti menusuk atau memijit karena dapat menimbulkan infeksi dan meninggalkan bekas.


__________________________________________________________________ __________________________________________________________________
Atasi Jerawatmu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mistersunlearnto Writewellforever