Beternak Ayam Pedaging (Broiler)






Memilih bibit anak ayam·         
ayam broiler, anak yam, ternak unggas
Sebagai bibit, belilah anak ayam yang berkualitas. Untuk broiler atau ayam pedaging, yang belum diseleksi kelaminnya (straight-run) lebih murah. jenis ras atau ayam pedaging komersial lainnya, pilihlah Plymouth Rock.

Penyiapan Kandang
Usahakan kandang aman dari gangguan kucing, tikus, serta binatang pemangsa lainnya dan tidak bocor atapnya. Pasang papan atau anyaman kawat setinggi kurang lebih 60 cm di dasar kandang sebagai penghalang anak ayam dari sumber panas. Sebagai alas atau talam (litter) dalam kandang dapat digunakan kulit gabah atau butiran strowbur (plastik busa) yang masih baru dengan ketebalan antara 10 sampai 15 cm. 
Yang sangat penting ialah pengaturan suhu di dalam kandang. Suhu yang baik berkisar antara 30 sampai 32ÂșC di sisi luar sebelah bawah kandang ayam broiler. Untuk itu, pemasangan ventilasi untuk mengatur tinggi rendahnya suhu di dalam kandang perlu diperhatikan. Pengaturan suhu yang tidak sesuai dengan kebutuhan anak ayam akan menyebaban ayam tidak mau makan atau minum secara normal sehingga ayam akan cacat dan kerdil.

Pada musim dingin, semua ventilasi yang menghadap pada arah angin, terutama yang dekat lantai ditutup. pada musim panas dibuka agar udara segar masuk. Penggunaan kipas sebaiknya dihindari karena dapat mnyebabkan ayam broiler menjadi sakit, stres. 

Penyediaan Tempat untuk Anak Ayam  
Berikan banyak tempat pakan dan air minuman untuk ayam broiler. Karena anak ayam yang masih kecil tidak akan berjalan lebih dari 3 meter untuk mencari pakan dan air. Sediakan tempat makan yang luas agar semua bisa makan. Tiap 10 ekor anak ayam membutuhkan tempat 1 m2 luas lantai sampai mereka berumur 3 minggu. Sediakan juga tempat untuk bermain. 

Penyediaan Air Bersih Yang Memadai  
Seratus anak ayam mengkonsumsi paling sedikit empat sampai lima liter air setiap harinya. Air sangat penting untuk pertumbuhan anak ayam broiler anda. Tiap 15 anak ayam diperlukan satu air mancur yang berisikan satu liter air. Dua buah air mancur yang berukuran empat liter, cukup untuk memenuhi kebutuhan 100 anak ayam.

Berikan air tiap jarak 3 meter dalam kandang. Letakkan tempat air pada rangka kandang agar alas kandang tidak terkena tumpahan air. Sebaiknya semua peralatan air minumnya disanitasi tiap minggu dengan satu ons cairan chlorine dicampur dalam 20 liter air. Rendam peralatan tersebut selama lima belas menit sebelum diisi air kembali.      

Suhu air yang lebih dari 37C menyebabkan anak ayam mengurangi konsumsi air sehingga akan mempengaruhi pertumbuhannya. Untuk itu, apabila udara sekitar atau suhu pemanas dalam kandang sangat tinggi, ganti air minumnya beberapa kali tiap harinya agar anak ayam tetap memperoleh air yang dingin.
Tidak perlu menggunakan gula atau vitamin tambahan pada air minumnya, kecuali melalui proses penggantian dan pembersihan tiap hari untuk menghindari munculnya penyakit dari sisa bahan tambahan tersebut.

__________________________________________________________________ __________________________________________________________________
Beternak Ayam Pedaging (Broiler) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mistersunlearnto Writewellforever