Ciri-ciri Kelinci Hamil





Satu ekor kelinci betina bisa melahirkan sebanyak lima kali dalam setahun. Dalam satu kali masa mengandung, kelinci bisa mengandung lebih dari satu bayi, yakni 5-15 bayi kelinci, sebab uterus atau rahimnya lebih dari satu dan memungkinkan untuk terjadinya multiple impregnations.



Setalah mengawinkan kelinci selama 7 hari, biasanya janin di dalam rahim betina mulai tumbuh. Pada hari ke-14 kehamilan kelinci sudah bisa dideteksi. Berikut ciri-ciri kelinci hamil:
  1. kelinci yang sedang hamil tidak mau dikawinkan, bahkan cenderung galak pada kelinci jantan.
  2. pada bagian mulut terlihat kemerah-merahan
  3. mudah stress, bahkan sampai merusak kandangnya sendiri. 
  4. jika dilepas di alam liar, biasanya menggali-gali tanah. 
  5. selalu merasa lapar, konsumsinya yang meningkat. Kekurangan makanan biasanya menyebabkan kelinci makin stress dan menjadi kanibal, bahkan berakibat kualitas susunya tidak maksimal.
  6. saat usia kehamilan menginjak hari ke-17, perutnya yang membuncit sudah menunjukkan tanda-tanda keberadaan sang bayi.
  7. saat berusia 23-29 hari, sang induk mulai tampak sering gusar dan hidungnya tampak semakin merah. Perutnya terlihat buncit.
Anda bisa memasukkan kelinci ke dalam kotak di usia kehamilan di atas hari ke-25. Pada usia ini sampai 34 hari, kurangi intensitas mengengok induk kelinci. Sebab ia sedang mengalami fase mudah stress dan menganggap anda sebagai ancaman.

Kelinci biasanya melahirkan di usia 28 sampai 34 hari. Di masa ini ia akan terlihat sangat gelisah. Biasanya bulunya rontok. Sediakan alas kandang terbaik sebagai tempat ia menaruh bayinya atau kotak/box dengan alas lembut untuk si bayi.

Setelah ia melahirkan, sebaiknya jangan terlalu sering berinteraksi dengan induk kelinci. Pastikan saja pakan dan minumannya terpenuhi.


__________________________________________________________________ __________________________________________________________________
Ciri-ciri Kelinci Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mistersunlearnto Writewellforever