Jadikan Wajah Cantik Alami





Wajahmu berjerawat?

Kembalikan pada alam. Gadis-gadis dahulu, terutama gadis-gadis melayu biasa menggunakan bedak dingin untuk merawat wajah mereka. Bahkan di Kalimantan, khususnya suku Dayak dan Banjar, kebiasaan memakai bedak atau pupur dingin sudah menjadi tradisi. Warisan nenek moyang lebih berkhasiat.

Perawatan pertama
Sebelum tidur gosok wajah dengan irisan tomat atau ketimun. Atau parut ketimunnya, lebih mudah blender aja kemudian campur dengan sedikit air. Setelah itu, saring menggunakan kain tipis, terus sapukan pada wajah menggunakan kapas sampai merata. Lebih bagus lagi tambahkan sedikit madu dengan perasan jeruk nipis dan minyak zaitun.

Pagi harinya usap wajah dengan air hangat menggunakan handuk untuk menghilangkan dan meluluhkan lemak-lemak pada kulit muka. Kemudian usap dengan air es menggunakan handuk untuk merapatkan kembali pori-pori yang tadi terbuka akibat air hangat.

Perawatan kedua
Gunakan bedak dingin, warisan nenek moyang kita, siang ataupun malam, selain untuk melembutkan dan memutihkan wajah juga untuk melindungi kulit dari sinar matahari langsung.

Bedak dingin berbentuk bulat-bulat seperti telur cecak, ada juga yang seperti tepung. Cara memakai yang berbentuk seperti telur cecak, ambil dua butir diremas-remas dengan air sedikit kemudian diusapkan pada wajah sebelum tidur. Sedangkan yang berupa tepung, ambil setengah sendok teh kecil campur dengan sedikit air, kemudian usapkan pada wajah hingga merata sebelum tidur. Paginya wajah dicuci dengan air biasa.

Cara pembuatan bedak dingin
Bahan:
- Tepung beras 1/4 liter
- Tepung bengkuang/tepung besusu 1/4 liter
- Temu giring 1 ons
- Kancur 1 ons
- Lempuyang 1 ons
- Buah pinang 10 buah
- Adas pala waras 1 sendok makan
- Akar lara setu 1 ikat kecil
- Air dingin secukupnya
- Bibit minyak wangi 10 cc

Pembuatan:
Beras dicuci terus direndam selama 12 jam kemudian disaring dan disiram dengan air bersih supaya baunya hilang. Setelah kira-kira satu jam lebih beras tersebut disaring kemudian ditumbuk halus dibuat tepung, diayak dan ditambah dengan tepung bengkuang.

Kupas kulit temu giring, kencur, lempuyang, dan buah pinang, lalu iris tipis-tipis kemudian dijemur sampai kering.

Bahan adas pula waras dan akar lara setu dicuci lalu dijemur.
Ramuan diatas dicampur jadi satu, ditumbuk kemudian diayak. Selanjutnya dicampur dengan air secukupnya dan diremas-remas hingga menjadi adonan yang pekat.




__________________________________________________________________ __________________________________________________________________
Jadikan Wajah Cantik Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mistersunlearnto Writewellforever