Kenali Jenis-jenis Penyakit






Secara umum, ada dua macam penyakit, yaitu:
-penyakit infeksi
-penyakit bukan infeksi.

Penyakit infeksi merupakan penyakit yang disebabkan oleh masuknya bibit penyakit. Penyakit ini menular. Sedangkan Penyakit bukan infeksi tidak disebabkan oleh bibit penyakit, dan tidak menular.

Mari kita bahasa lebih detail kedua jenis penyakit tersebut:

A. Penyakit Bukan Infeksi
Penyakit ini tidak disebabkan oleh kuman, bakteri, maupun organisme lainnya yang menyerang tubuh dan tidak menular. Untuk menyembuhkan tidak diperlukan pengobatan menggunakan antibiotika atau obat - obatan lain yang bersifat melawan kuman. Obat tersebut tidak akan mampu menyembuhkan jenis penyakit ini. Berikut macam-macam penyakit bukan infeksi:

  1. Gangguan yang disebabkan oleh kurangnya sesuatu zat yang diperlukan oleh tubuh: malnutrisi, pellagra (kekurangan vit B2), anemia, gondok, dan pengerasan hati (circhosis).
  2. Gangguan yang disebabkan oleh suatu kerusakan atau kesalahan di dalam tubuh: rematik, serangan jantung, epilepsi, stroke, kekeruhan lensa, dan kanker.
  3. Gangguan yang dimulai di dalam pikiran (penyakit mental): paranoid , rasa cemas yang berlebihan (anxietas), kepercayaan akan ilmu sihir, dan ketakutan yang tidak terkendalikan.
  4. Gangguan yang ditimbulkan oleh sesuatu dari luar tubuh yang membahayakan atau mengganggu: alergi, asma, batuk karena rokok, dan borok lambung.
  5. Gangguan yang terjadi sejak lahir: bibir sumbing, mata juling, cacat lahir, dan anak - anak yang terbelakang.


B. PENYAKIT INFEKSI
Penyakit disebabkan oleh bakteri dan organisme lain yang membahayakan tubuh. Bakteri dan organisme tersebut menyebar dengan berbagai cara. Berikut macam-macam penyakit infeksi :


  1. Parasit internal (hewan berbahaya yang hidup di dalam tubuh): disentri, malaria, 
  2. Jamur: kurap, kutu air, dan gatal di lipat paha. Dapat diobati dengan belerang dan salep yang mengandung larutan cuka, asam undecylenat, dll.
  3. Parasit eksternal (hewan berbahaya yang hidup pada permukaan tubuh): kutu rambut, kutu hewan, dan kutu busuk kudis 9skabies).
  4. Virus (kuman yang lebih kecil dari bakteri): penyakit rabies/anjing gila, kutil/verrucae. Rabies tidak bisa disembuhkan dengan antibiotik. Biasanya imunisasi membantu mencegah beberapa infeksi virus.
  5. Disebabkan oleh bakteri (jasad renik atau kuman): TBC, tetanus, beberapa penyakit mencret, radang paru - paru/pneumonia, gonorrhea dan sífilis, sakit telinga, borok yang bernanah, dan semua penyakit diatas memerlukan antibiotika sebagai langkah pengobatan.



__________________________________________________________________ __________________________________________________________________
Kenali Jenis-jenis Penyakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mistersunlearnto Writewellforever