Peluang Budidaya Burung Gelatik





burung gelatik, budidaya burung, kicau mania

Mempersiapkan Indukan
Budidaya burung gelatik harus sabar dan telaten, meskipun biayanya tidak terlalu mahal. Jika anda hendak memulai usaha ini, pilihlah indukan yang berkwalitas untuk memulai penangkaran. Penentuan induk sebagai F1 harus benar-benar terbaik. Pengetahuan dasar tentang jenis kelamin, tingkah laku, dan umur burung akan sangat berperan. Karena kesuburan, warna, dan hal lainnya yang bersifat genetis diturunkan dari induk ke anaknya.

Jadi, jika induknya berkwalitas, anaknya punn juga berkwalitas.

Ciri-Ciri Indukan Yang Baik

Ciri-ciri gelatik silver yang baik untuk dijadikan induk.
1. Perangai lincah
Burung gelatik silver yang bagus aktif bergerak ke sana kemari, tidak diam. Jika ada sesuatu yang mendekati sangkarnya, ia akan terbang kelabakan. Jika ia hanya diam saja, berarti kurang bagus, bisa jadi ia sedang sakit.

2. Bulu tertata rapi dan tidak mengkorok
Burung gelatik silver umumnya merawat bulu dan menatanya sesudah mandi. Jadi selalu tampak indah. Bila mengkorok tidak rapi, berarti ia sedang stres atau sakit.

3. Dubur bersih
Burung gelatik biasanya bersih karena suka membasahi badannya. Jadi jika duburnya tidak bersih dan di sekitarnya banyak kotoran, berarti ada masalah pencernaannya. Bisa jadi ia terkena mencret atau infeksi pada usus atau lambungnya. Ingat, hal tersebut akan menurun pada anakannya.

4. Paruh
Burung gelatik yang bagus letak paruh antara bagian atas dengan bagian bawahnya simetris. Jangan pilih yang paruh atas dengan bawahnya tidak mengatup secara sempurna. Cacat seperti ini dapat terjadi akibat perkawinan yang sedarah.

5. Lingkar mata
Burung yang baik biasanya memiliki lingkar mata yang membulat sempurna dengan ketebalan yang rata. warnanya merah terang bukan pucat, bersih dan halus, tidak terdapat lekukan-lekukan

Membedakan Jenis Kelamin Gelatik

Penampilan fisik burung jantan dan betina hampir serupa, sehingga tidak mudah untuk membedakan, butuh ketelitian. Untuk membedakan kelaminnya, amati secara seksama pada bagian paruh, mata, dan suaranya. Burung Gelatik jantan memiliki pangkal paruh yang yang lebih tebal, dengan warna merah tajam yang cantik. Matanya terlihat lebih cerah dan bersinar. Kicauannya lebih bertenaga dengan frekuensi yang lebih sering dari pada Gelatik betina. Sedangkan gelatik betina memiliki paruh yang lebih tipis, warna merahnya terlihat lebih muda. Warna matanya agak pudar. Ukuran tubuh Gelatik betina relatif lebih kecil dari pejantannya. Suara kicauannya monoton.

Telur
Burung Gelatik betina biasanya akan bertelur sekitar empat sampai enam butir telur. Telur-telur tersebut berwarna putih dan akan dierami oleh kedua orangtuanya (baik jantan maupun betina).

Perkandangan
Ukuran kandang yang dibutuhkan tidak terlalu besar, idealnya 30 cm x 40 cm untuk setiap pasangnya. kerangka bisa menggunakan besi atau kayu dan ditutup dengan kawat kasa berukuran 1 cm x 1 cm. Atapnya bisa menggunakan asbes, seng, genting atau tripleks.

Burung gelatik suka membasahi bulunya dengan air, sehingga ia butuh sinar matahari untuk berjemur usai mandi. Agar sinar matahari dapat masuk ke dalam kandang dengan maksimal, gunakan kawat kasa. 

Jual Racun Lalat Toxilat 3 in 1, klik gambar

http://www.sehatme.com/2016/09/racun-lalat-toxilat-3-in-1-ampuh-basmi.html
Pemesanan, hubungi:
HP 081578729803 (SMS/WA)

PIN D1417B25

----------------->
sedia produk ternak: fermentasi pakan bebek, racun lalat, probiotik, dll
hp 081578729803
detail klik




__________________________________________________________________ __________________________________________________________________
Peluang Budidaya Burung Gelatik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mistersunlearnto Writewellforever