Penyakit Botulism (Limberneck) Pada Bebek





Salah satu penyakit pada itik dan unggas air lainnya yang sangat mematikan adalah botulism, enyakit ini sering datang secara mendadak terutama pada itik yang diumbar. Penyebabnya adalah bakteri Clostridium botulinum, yaitu bakteri gram positif. Bakteri ini berbentuk batang, tidak memerlukan oksigen dalam hidupnya, dan memproduksi toksin dan berspora.

Berdasarkan spesifisitas serologis dari toksin yang dihasilkan terdapat tujuh tipe Clostridium Botulinum yaitu: tipe A, B, E, dan F (banyak terdapat pada kasus botulism pada manusia), sedangkan pada hewan lebih banyak tipe C dan D. Clostridium botulinum pada itik dapat tumbuh pada suhu 400C dan temperatur terendah sekitar 150 C.

Kematian pada itik terjadi setelah makan bangkai atau makanan yang tercemar oleh bakteri Clostridium botulinum yang telah menghasilkan racun. Gejalanya adalah terjadi kematian secara mendadak sesuai jumlah toksin yang sudah termakan dan terjadi secara cepat. Bila jumlah toksin tidak terlalu banyak, gejala akan muncul 1-2 hari ditandai dengan kelumpuhan terutama pada bagian leher. sehingga itik tidak dapat menegakkan kepala.

Penyakit ini berlangsung secara cepat sehingga sulit untuk dilakukan pengobatan. Pertolongan pertama yang memungkinkan dilakukan pada kasus yang belum parah, yakni dengan memberi minum air kelapa hijau sebagai penangkal racun ditambah antibiotika untuk menghindari terjadinya infeksi sekunder.
Pengobatan secara tradisional yang dapat membantu adalah dengan memberikan minyak kelapa satu sendok makan dan air minum yang bersih dengan harapan itik menjadi haus dan minum air yang banyak sehingga racun dapat keluar dari tubuh.

Pencegahan:
jika terdapat itik atau entok yang mati harus dikubur jangan dibuang ke sungai, karena dapat menjadi sumber bakteri C.botulinum dan penyakit lainnya.
Kebersihan kandang dan peralatan pakan dan minum perlu diperhatikan dan penyemprotan dengan desinfektan secara rutin merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

__________________________________________________________________ __________________________________________________________________
Penyakit Botulism (Limberneck) Pada Bebek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mistersunlearnto Writewellforever