Guru TIK Kemana? Ini Soal Generasi atau Apa?






Di dunia pendidikan, sebentar lagi memasuki tahun ajaran baru. Para generasi akan naik level, yang memenuhi syarat. Ada yang berubah, kabarnya. Sudah agak lama munculnya kabar pemberlakuan kurikulum baru. Yang lebih panas, kabar dihapusnya beberapa mata pelajaran, yang sangat menonjol dan sering dibahas adalah mata pelajaran Bahasa Inggris untuk SD dan TIK untuk SMP dan SMA.

Kalau ada yang dihapus, berarti gurunya juga harus dihapus dari daftar. Atau buku panduannya juga dibakar aja. Apa perusahaan LKS yang biasanya menjual ke sekolah-sekolah tidak ikut dirugikan ya? Belum saya dengar kabarnya.

Tetapi tidak, guru TIK tetap bisa berperan. Mereka bisa dimasukkan dalam Pusat Teknologi Pendidikan yang ada di sekolah untuk membantu guru dalam mempersiapkan materi ajar. Jadi mereka membantu guru-guru untuk membuat media pembelajaran berbasis teknologi. Wah, bagus. Berarti mata kuliah media pembelajran di FKIP perlu dikurangi, agar tidak merebut peluang kerja guru dan calon guru TIK. hehe... Ini mikir generasi apa mikir uang sih?

Gimana kalau bisnis aja?

Hidup memang perlu makan. Saya rasa, lebih baik guru TIK buat lembaga sendiri, bisa berupa lembaga
kursus pembuatan media, atau menyediakan media pembelajaran. Tidak harus ikut-ikutan rebutan kursi di lembaga pendidikan.

Di dekat daerah saya ada yang sampek rebutan murid. Saking banyaknya yang ingin jadi guru dan punya sekolah, satu desa sampek lebih dari 1 sekolah. Akhirnya rebutan beli siswa. Biasanya murid itu bayar untuk daftar, karena sudah jadi rebutan, malah dibayar. Ini mikir generasi atau mikir apa?

Kalau guru bahasa Inggris, asal mereka memang benar-benar berilmu, bukan hanya berijasah, banyak sekali peluangnya. Bahasa asing ini selalu dibutuhkan. Cuma masalahnya, kebanyakan sekolah menjadi tempat yang aman bagu mereka yang berijasah tapi tidak berilmu. Belajar bersama siswa. Tidak masalah, dari pada hidup nyusain orang lain.

__________________________________________________________________ __________________________________________________________________
Guru TIK Kemana? Ini Soal Generasi atau Apa? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mistersunlearnto Writewellforever

2 comments:

Riio Vanillavanka said...

boleh pasang link disini sobs??? ^_^

Su di said...

Tukar link aja. OK?

Post a Comment