Karir Sebagai Konsultan





Konsultan (istilah alternatif: pakar runding) adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan (consultancy service) dalam bidang keahlian tertentu, misalnya akuntansi, pajak, pendidikan, lingkungan, biologi, hukum, kesehatan, dan lain-lain.

Perbedaan seorang konsultan dengan ahli biasa adalah sang konsultan bukanlah pegawai perusahaan sang penggunalayan (client), melainkan seseorang yang menjalankan usahanya sendiri atau bekerja di sebuah perusahaan kepenasihatan, serta berurusan dengan berbagai penggunalayan dalam satu waktu.

Bagi anda yang tertarik untuk menekuni dunia konsultan, bisa memulai dari level pemula, yakni analis, lalu meningkat menjadi associate, konsultan, konsultan senior, dan partner. Atau langsung menjadi konsultan, jika mumpuni.

Tugas utama seorang konsultan adalah merekomendasikan solusi. Konsultan "mendiagnosa"  dan mempresentasikan berbagai ide dari hasil analisa di hadapan klien. Seorang konsultan harus tekun dengan dunia keilmuan (supaya advis-nya kredibel dan tidak asbun), namun juga tetap punya pijakan yang kuat
dengan dunia praktek (biar ilmunya membumi dan praktikal). Tak pelak, kombinasi dua dunia tersebut memberikan ruang yang optimal bagi para konsultan manajemen untuk terus tumbuh – baik secara intelektual ataupun profesional.

Seorang konsultan seharusnya memiliki kecakapan analytical thinking skills yang ditopang dengan bekal ilmu pengetahuan yang mendalam (dalam bidangnya). Tidak jarang muncul beragam masalah/isu/pertanyaan yang tidak terduga muncul ditengah proses konsultasi. Tanpa bekal kecakapan untuk membentangkan analisa yang jernih, logis dan aplicable, seorang konsultan manajemen mungkin tak akan bisa menawarkan solusi yang optimal. Perlu kesungguhan untuk terus belajar menimba ilmu dari beragam sumber (misal dengan membaca buku-buku yang relevan).

Public speaking skills juga perlu dimiliki oleh seorang konsultan. Dalam proses konsultasi, acapkali seorang konsultan harus memberikan workshop atau mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan klien. Tanpa ketrampilan public speaking yang bagus (maksudnya sistematis, mudah dipahami, enak didengar, tanpa melupakan sense of humor), tentu saja tidak akan bisa menyampaikan pesan dengan baik.

Pekerjaan yang mungkin agak menantang bagi seorang konsultan adalah menjadi konsultan muda yang berhadapan dengan para petinggi perusahaan dengan pengalaman belasan hingga puluhan tahun. Bagaimana meyakinkan mereka atas analisa dan ide yang konsultan berikan. Ini menjadi tantangan terbesarnya. Bagaimana mereka menerima saran yang diberikan konsultan dengan pengalaman kerja 5-7 tujuh tahun, jauh dibawah mereka.

Menyatukan berbagai pendapat saat konsultan memberikan saran, dengan fokus untuk mencapai tujuan bersama, dan menjadi jembatan para ahli sungguh merupakan tugas menantang yang membutuhkan keterampilan komunikasi tinggi.

Untuk meyakinkan klien, konsultan juga perlu melengkapi diri dengan berbagai data, perspektif, sehingga dapat menawarkan solusi terbaik yang memenuhi kebutuhan klien. Karenanya, konsultan harus terus menambah wawasannya.

Pekerjaan yang mungkin agak menantang bagi seorang konsultan adalah ketika harus membuat ‘timesheet’ di akhir minggu, pekerjaan yang sangat membutuhkan konsentrasi penuh, mengingat-ingat apa yang telah dikerjakan selama satu minggu belakangan. Buat sebagian orang banyak yang terlebih dahulu dicatat di agenda apa yang telah mereka kerjakan dan berapa waktu yang dihabiskan. Ingat, “No timesheet, no money”.

Menjadi kepuasan tersendiri jika saran yang diberikan konsultan diterima dan dijalankan dengan baik, serta hasil yang diperoleh memuaskan. Selain itu, menjadi konsultan berkesempatan untuk banyak belajar berbagai karakter orang, lebih mudah memahami orang lain, tahu bagaimana memposisikan diri dan lebih berempati. Dengan menjadi konsultan kemampuan kita akan tersebar melalui klient kita, ini salah satu teknik promosi paling efektif serta efisien.

Ada yang mengatakan, untuk menjadi seorang konsultan, setidaknya menempuh pendidika master atau S2. Ada juga yang mengatakan, setidaknya punya pengalaman kerja yang cukup: 7 hingga 10 tahun lebih.

Namun, anda bisa menjadi konsultan tanpa ijasah, tanpa pedidikan tinggi, bahkan pelajar SMA pun bisa. 

Bagaimana caranya?

Bergabunglah bersama perusahaan kosmetika kelas dunia dari Swedia, Oriflame.
Hub 081578729803

Berikut sekilas gambaran menjadi konsultan oriflame


Dikarenakan fleksibilitas menjadi Consultant, Oriflame sesuai dengan berbagai jenis gaya hidup. Tanpa mengesampingkan, apakah Anda ingin mendapatkan penghasilan lebih, menjadikannya karir penuh atau menikmati kemerdekaan dalam keuangan, Oriflame cocok untuk Anda ! Apakah Anda karyawan penuh atau paruh waktu, karyawan sendiri, bekerja dari rumah, pelajar, pensiunan atau orang tua dengan anak. Anda bisa menentukan jam kerja Anda dan Anda bos untuk Anda sendiri!

Anda mengontrol jumlah penghasilan Anda setiap bulan – berapa penghasilan Anda merupakan pilihan. Semua tergantung seberapa banyak usaha yang Anda berikan. Sementara Anda menikmati produk tata rias eksklusif kami, pada saat yang bersamaan Anda akan bertemu orang-orang baru dan  dan mendapatkan teman-teman baru. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berjalan-jalan keluar negri, berpartisipasi dalam acara-acara berkelas tinggi dan dikenal serta mendapatkan penghargaan untuk pencapaian dan hasil Anda.

Anda juga akan mempunyai kesempatan untuk berkembang secara pribadi atau professional melalui pelatihan dan acara-acara – yang kebanyakan adalah gratis! Anda akan belajar mengenai kecantikan dan trend mode secara berkelanjutan serta tidak ada resiko keuangan.

Sebagai Consultant baru, Anda akan memiliki consultant berpengalaman sebagai pelatih Anda, membimbing dan membantu Anda. Pelatih Anda akan memperkenalkan Anda kepada Oriflame dan membantu Anda untuk memahami semua informasi yang dibutuhkan sejak awal.

Siapa yang bisa menjadi Consultant Oriflame?
Semua orang!
Apakah Anda ingin menabung untuk keperluan sendiri dan keperluan keluarga, dapatkan penghasilan ekstra atau buat karier dan bisnis sendiri, Anda bisa bergabung di Oriflame.
Anda yang menentukan sejauh mana Anda ingin sukses - kami akan selalu mendukung setiap langkah Anda.
__________________________________________________________________ __________________________________________________________________
Karir Sebagai Konsultan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mistersunlearnto Writewellforever

No comments:

Post a Comment