Berita Gunung Raung Mau Meletus





Raung juga pernah lima kali meletus secara beruntun sejak tahun 1586 hingga 1817.

Termutakhir, Gunung Raung yang masuk wilayah Banyuwangi, Jember dan Bondowoso mulai menggeliat.

Pos pengamatan gunung api Raung di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi Senin (6/1/2014) mencatat, ada 17 kali getaran gempat tremor, 56 kali hembusan, dua kali letusan dan satu kali gempa tektonik.

"Hujan abu sudah turun dan mengikuti hembusan angin ke arah barat yaitu wilayah Jember. Di harapkan masyarakat, terutama yang terkena hujan abu mengenakan masker," jelas Balok Suryadi, petugas pengamat gunung api Raung. Selengkapnya

Baru saja membaca berita di atas di tribunnews. Baru dengar kabar kalau gunung raung mulai menggeliat-geliat. Di youtube juga diberitakan, berikut


Berikut juga beritanya

Pusat Vukanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral menaikkan status Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur dari normal menjadi waspada pada Minggu (5/1/2014) mulai jam 14.00 WIB. 

Perubahan status Gunung Raung disebabkan adanya peningkatan gempa, hembusan, dan perubahan asap menjadi putih kecoklatan sejak Sabtu (4/1/2013).  kompas

Detik

Status Gunung Raung saat ini dinaikkan dari status siaga menjadi level waspada. Untuk itu, direkomendasikan bagi masyarakat untuk tidak mendekati puncak dengan radius 2 km.

Kepala Pos Pantau Gunung Raung, Balok Suryadi menjelaskan, saat ini kondisi visual yang terlihat di sekitar Gunung Raung terlihat asap putih berkabut kecoklatan.

"Gempa letusan asap dua kali, yang keluar berwarna kecoklatan mengikuti arah angin ke barat, ya ke arah Desa Sumberjambe Kabupaten Jember," jelas Balok Suryadi saat dikonfirmasi detikcom via seluler, Senin (6/1/2014).

Gunung Raung yang berada di perbatasan tiga kabupaten yalni, Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso ini juga mengalami peningkatan aktivitas vulkanik. Data dari pos pantau raung disebutkan sejak Minggu (5/1/2014) telah terjadi 17 kali tremor dengan amplitudo mendatar 2-32 mm. selengkapnya

Tempo

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mendirikan enam posko menyusul meningkatnya aktivitas Gunung Raung, Senin, 6 Januari 2014. Posko-posko itu dibangun di kecamatan-kecamatan yang akan terdampak bencana letusan, yakni Kecamatan Songgon, Singojuruh, Sempu, Genteng, Kalibaru, dan Glenmore.

Sekretaris Kabupaten Banyuwangi Slamet Kariyono mengatakan, anggaran bencana yang disiapkan dari APBD Banyuwangi 2014 sebesar Rp 10 miliar. Sebanyak 10 ribu masker juga telah tersedia, termasuk stok makanan siap saji dan perlengkapan pengungsian. 

"Kami akan sosialisasikan kepada penduduk supaya mereka siap menghadapi bencana," kata Slamet saat mengunjungi Pos Pengamatan Gunung Api Raung di Kecamatan Songgon, Senin, 6 Januari 2014.

Tadi dapat kabar dari rekan facebook yang juga tinggal di Bondowoso, katanya ada gempa.

Sudah lumayan banyak beritanya, tapi kok isunya tidak kedengaran di daerah saya. Padahal ketika gunung kelud bergejolak, teman-teman dan keluarga kontak saya yang berada di Pare.
Bagi pengusaha yang usahanya tidak tahan dampak letusan, perlu siaga ni. 

Waktu kelud meletus, banyak hewan ternak seperti kambing dan sapi mati kena abu, meskipun tidak mati seketika.


__________________________________________________________________ __________________________________________________________________
Berita Gunung Raung Mau Meletus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mistersunlearnto Writewellforever

No comments:

Post a Comment