Internet Gratis Hasil Kreativitas Menjadi Solusi





Murah, tapi lemmot
Cepat, tapi mahal
Murah dan mungkin cepat, tapi tidak boleh tidur kalau mau pake
Ada lagi,
Masa aktif pendek, bagus
masa aktif panjang, trouble-nya banyak

Itulah fakta berdasarkan pengalaman saya tentang internet di negara saya Indonesia. Padahal internet sangat dibutuhkan, terutama untuk mencari referensi belajar.

Banyak dosen yang meminta mahasiswa menggunakan referensi berbahasa Inggris, katanya referensi berbahasa Inggris lebih berkwalitas dari referensi yang ditulis oleh orang Indonesia. Ada-ada saja.

Untuk kebutuhan bahan bacaan berbahasa Inggris, biasanya teman-teman ke blok M atau Lowakan, tempatnya jualan buku bekas atau buku kiloan. Semoga tempat tersebut tidak berubahh nama menjadi "Sumber Ilmu Mahasiswa Indonesia". Biarlah tetap bernama Blok M atau pasar lowakan.

Sebenarnyay di toko buku besar juga dijual beberapa buku berbahasa Inggris, namun harganya selangit. Mahasiswa pasti mikir-mikir.

Pelajar bahasa asing tentu sangat membutuhkan video untuk latihan pendengaran (Listening). Tentu mereka butuh banyak video, dan youtube merupakan surganya video. Mereka juga perlu berinteraksi langsung dengan orang asing, tentu chating video merupakan cara yang bagus. Namun, jika jaringan internet belum bersahabat, ya.... jadinya.... seadanya deh.

Kadang saya merasa tertipu olehh iklan-iklan internet. Beberapa kali juga terjebak. Karena iklannya murah, akhirnya coba nyicipi, kok bagus, akhirnya coba aja sekalian yang agak besar, terrrrrrnyata macet, mati, gk berfungsi maksimal. Apes dah. Seperti ikan yang tertarik pada umpan. Ah, memang kehidupan tak jauh beda dengan hutan belantara, saling mangsa.

Akhirnya muncul trik-trik internet gratis, pulsa gratis, dan semacamnya. Ada yang mencaci sang mpunya trik sebagai maling. Sebenarnya yang promo tidak sesuai dengan fakta itu juga maling. Jadi.... Jadi maling semua???

"Hidup memang butuh strategi."

Tadi kesandung di kaskus, ada artikel membahas soal pertanyaan pak menkominfo tentang pertanyaannya di twitternya "@tifsembiring: Tweeps Budiman, memangnya kalau internetnya cepat mau dipakai buat apa?".
__________________________________________________________________ __________________________________________________________________
Internet Gratis Hasil Kreativitas Menjadi Solusi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mistersunlearnto Writewellforever

No comments:

Post a Comment