Bidikmisi Solusi Cerdas Yang Miskin; PAUD dan TK Solusi Untuk Semua Generasi





Mahalnya biaya pendidikan membuat generasi cerdas tapi miskin tak bisa lanjut sekolah. Untuk mengatasi hal ini pemerintah sudah memberikan beasiswa baik yang sifatnya membantu saja (tidak penuh) atau yang plus biaya hidupnya seperti Bidikmisi.

Bidik misi menjadikan anak orang miskin terangkat
pendidikan anak usia dini, Guru PAUD, Guru TK
Sabtu, 16 Agustus 2014 | 14:18 WIB 

Tetapi pemberian beasiswa pada siswa berprestasi saja tidak cukup. Belum pernah ada sekolah yang 100% siswanya berprestasi. Artinya yang dianggap tidak berkualitas lebih banyak. Jika mereka dibiarkan, tentu saja negeri ini akan dihuni orang-orang yang tidak berkualitas dan membebani yang berkualitas.

PAUD dan TK merupakan tempat menempa skill anak di usia dini, sebelum mereka masuk ke sekolah dasar. Di sini karakter mereka dibentuk. HighScope Perry Preschool Study menyatakan bahwa individu yang mendapat pendidikan usia dini berkualitas:
    - berpendapatan lebih dari $ 2,000,
    - lulus perguruan tinggi
    - hubungan keluarga harmonis (tidak kawin-cerai)

The Abecedarian Project juga menunjukkan hasil yang serupa, mereka yang tidak mengenyam pendidikan usia dini berkualitas/tidak sama sekali:
    - prestasinya rendah/tidak meningkat
    - membutuhkan pendidikan spesial
    - Masa depan bermasalah 
(Early Childhood Education, www.nea.org)

Pendidikan anak usia dini memberikan pendidikan cara belajar dan skill sosial, problem solving yang diperlukan untuk masa depan mereka. Pendidikan anak usia dini mendorong meningkatnya skill akademik, rasa ingin tahu, kemandirian, dan menanamkan jiwa semangat belajar seumur hidup.
(www.cps.edu)

pendidikan anak usia dini, Guru PAUD, Guru TK

Pendidikan anak usia dini: PAUD dan TK tidak patut disepelekan. Ini memang lembaga pendidikan terendah, tapi bukan berarti harus dipandang rendah. Di Indonesia, kenyataannya masih memprihatinkan. Banyak masalah menimpa tempat belajar anak di usia emas ini: masalah kualitas guru yang banyak disoroti. Banyak guru PAUD dan TK yang hanya lulusan SMA atau bahkan Paket C. PAUD dan TK adalah lembaga pendidikan yang menjadi pondasi jenjang pendidikan selanjutnya, jangan sampai dua sekolah ini diamanatkan pada orang yang tidak pantas.

Salah satu contoh masalah yang terjadi di kota pendidikan Malang, Jawa Timur.

pendidikan anak usia dini, Guru PAUD, Guru TK
Radarmalang.co.id Posted on 1 Januari 2014 by Redaksi in Pendidikan 

Kata Ratna APBD tidak cukup untuk menyekolahkan mereka. Disdik tidak bisa berbuat banyak karena kebanyakan PAUD dan TK berada di bawah yayasan yang menentukan perekrutan guru, dan memang tidak ada aturan guru PAUD dan TK harus S1. Padahal guru yang belum S1 tidak bisa ikut program sertifikasi guru. Namun, di Malang ada program pembianan guru PAUD untuk meningkatkan kualitas mereka.

Dari sumber lain, berikut:

pendidikan anak usia dini, Guru PAUD, Guru TK

Semoga berita berikut benar-benar terwujud dan terealisasi:


pendidikan anak usia dini, Guru PAUD, Guru TK
Sabtu, 16 Agustus 2014 | 14:18 WIB  

__________________________________________________________________ __________________________________________________________________
Bidikmisi Solusi Cerdas Yang Miskin; PAUD dan TK Solusi Untuk Semua Generasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mistersunlearnto Writewellforever

No comments:

Post a Comment