Test TOEFL ITP






TOEFL, IELTS dan TOEC merupakan test bahasa Inggris yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris pelajar bahasa Inggris, baik yang belajar di kampus atau belajar lewat kursus bahasa Inggris. Sertifikat TOEFL (Test of English as a Foreign Language) banyak digunakan di negara-negara berbahasa Inggris di Amerika. Sedangkan IELTS (International English Language Testing System) banyak digunakan di negara-negara berbahasa Inggris British di Eropa dan Australia juga. Sedangkan TOEIC (Test of English for International Communication). TOEIC lebih diperuntukkan pada orientasi kerja.

Banyak Kursus bahasa Inggris yang bisa diikuti, bahkan bisa mengikuti kursus bahasa Inggris Online. Belajar TOEFL semakin mudah sekarang.

Kursus Inggris, Test TOEFL, Les Inggris,


Untuk wilayah Asia, test TOEFL yang biayanya murah adalah TOEFL ITP (Institusional Testing Program). Test ini hanya berlaku di lingkup institusional atau wilayah tertentu. Namun, ada juga beberapa lembaga di Amerika yang menerima sertifikat TOEFL ITP. Bahkan bisa dibuat untuk pengajuan beasiswa.

TOEFL ITP adalah Test Bahasa Inggris institusional (Institutional Testing Program) di wilayah Asia. Sertifikat TOEFL ITP bersifat institusional, artinya hanya berlaku di institusi dan wilayah local tertentu. Namun, ada juga beberapa lembaga di Amerika yang menerima, namun dengan nilai minimal 600.

Sertifikat TOEF ITP bias digunakan untuk persyaratan pengajuan beasiswa. Ada beberapa lembaga yang masih menerima sertifikat TOEFL ITP seperti Monbukagakusho, Fullbright, DAAD, StuNed, ADS, dll.

Ada 3 sesi ujian yang haru sdiikuti dengan jumlah soal dan alokasi waktu yang berbeda, yakni Listening, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension. Berikut lebih detailnya:

Listening
Untuk test listening, peserta test mendengarkan 3 macam percakapan, yakni percakapan pendek, percakapan panjang, dan monolog panjang. Ada 50 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 30 – 40 menit. Bisa diperkirakan, berapa menit waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu soal.

Structure and Written Expression
Pada bagian Strucute and Written Expression, penguasaan grammar atau tata bahasa yang diuji. Ada 40 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 25 menit. Kurang lebih butuh 1.6 menit per soal. Ada 2 bentuk soal, yakni soal pilihan ganda dan soal memilih jawaban yang salah.

Reading Comprehension
Untuk bagian Reading Comprehension, ada 50 soal yang harus dijawab berdasarkan teks yang tertera, dan harus selesai dalam waktu 55 menit.

Nilai hasil test TOEFL ITP diumumkan biasanya setelah 1-2 minggu kemudian. Sertifikat TOEFL ITP berlaku selama 2 tahun, dihitung dari tanggal terbitnya. Score yang akan didapat peserta TOEFL ITP adalah 310 – 677. Pada TOEFL ITP tidak ada pengurangan nilai jika ada jawaban yang salah.
__________________________________________________________________ __________________________________________________________________
Test TOEFL ITP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mistersunlearnto Writewellforever

No comments:

Post a Comment