Ajaran Kyai Gontor 1






Judul buku ini tidak menarik perhatian saya sebenarnya, tapi nama Pesantren Gontor yang membuat saya tertarik. Walau tidak pernah belajar di pesantren ini, saya kenal beberapa alumninya. Hampir sama karakternya. Lembaga pendidikan ini, menurut saya, benar-benar berhasil membentuk karakter santrinya. Saya yakin akan banyak pelajaran berharga yang akan saya dapatkan. Dan ternyata benar, mulai bagian awal saya membaca, banyak sekali pelajaran berharga yang saya dapatkan. Saya akan membuat catatan-catatan pelajaran yang saya dapatkan dari buku ini.



Saya screenshoot salah satu ajaran beliau yang tertulis di halaman 109. Nasehat tersebut sulit dilakukan bagi sebagia orang, namun tak sedikit juga yang mudah melakukannya. Banyak faktor yang menjadi sebab. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya. Orang yang bisa bekerja dalam keadaan apapun biasanya fokus pada target dan yakin akan (segera) meraihnya, atau orang yang pandai memotivasi diri untuk terus mencapai tujuan, atau ia berada dalam lingkungan (komunitas) yang membuatnya terus termotivasi untuk mencapai tujuannya. Dalam keadaan baaimnaapun ia akan terus berjuang. Sebaliknya, yang banyak alasan, biasanya kurang fokus, mudah terpengaruh pengaruh-pengaruh negatif yang melemahkan tekadnya, atau memang malas, atau terlalu cengeng menghadapi keadaan.

Saya pernah berhasil dulu melawan keadaan saat belum punya laptop dan ingin sekali menerbitkan karya tulis. Walauupun banyak teman beralasan tak bisa menulis karena tidak punya waktu: banyak tugas kuliah dan tak punya laptop, saya terus menulis dengan pensil atau bolpen. Alhamdulillah, akhirnya terbit juga cerpen dan puisi di majalah dan koran.

Tetapi, kita juga perlu cermat. Bukan berarti segala keadaan itu baik. Menurut pemahaman saya, nasehat tersebut, makna kontekstualnya (intinya) adalah "Jangan banyak beralasan", bukan berarti berbuat dalam keadaan apapun.

Semoga pembaca tambah sukses

Baca juga review Manusia Dalam Asuhan Rusa
__________________________________________________________________ __________________________________________________________________
Ajaran Kyai Gontor 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mistersunlearnto Writewellforever

No comments:

Post a Comment